• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Perbedaan Baptisan Yohanes dengan Baptisan Dalam Nama Yesus

 on Saturday, January 30, 2016  

Baptisan Yohanes
Siapa disini yang belum di baptis? Pasti beberapa ataupun semuanya pasti sudah di baptis. Kata 'Baptisan' mungkin sudah sering kita dengar. Baptisan dikenal sebagai sakramen inisiasi Kristen yang melambangkan pembersihan dosa. Baptisan juga melambangkan kematian besama Yesus. Dengan masuk kedalam air, orang yang dibaptiskan itu dilambangkan telah mati. Ketika ia keluar lagi dari air, hal itu digambarkan sebagai kebangkitan kembali.

Salah satu Tokoh Alkitab yang sering kita dengar sebagai seorang pembaptis adalah Yohanes Pembatis. Yohanes pembaptis adalah seorang guru dan penginjil terkenal di Provinsi Iudaea yang dicatat riwayatnya dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab. Menurut kepercayaan Kristen, Yohanes merupakan utusan Allah yang mendahului Yesus Kristus. Yohanes juga orang yang dipercayakan sebagai orang yang akan membaptis Yesus.

Dalam baptisan Yohanes terdapat perbedaan terdapat perbedaan yang cukup jelas dibandingkan dengan baptisan dalam nama Yesus. Untuk itu mari kita baca ayat Alkitab yang ada di bawah ini.


Matius 3:7-12

3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? 3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. 3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."


Lukas 3:3-11

3:3 Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu, 3:4 seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. 3:5 Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan, 3:6 dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan. " 3:7 Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: "Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang? 3:8 Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami!  Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 3:9 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api. " 3:10 Orang banyak bertanya kepadanya: "Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat? " 3:11 Jawabnya: "Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian."


Kedu ayat ini merupakan khotbah Yohanes dalam membaptis dan memberitakan kabar keselamatan. Berdasarkan khotbah Yohanes, ada satu perbedaan mendasar dengan yang dijelaskan dalam khotbah Yesus. Khotbah Yohanes merupakan ancaman, sedangkan khotbah Yesus adalah kabar baik. Khotbah Yohanes adalah suatu tahapan dalam perjalanan. Dia sendiri sadar bahwa dia hanya menunjuk kepada seseorang yang akan datang kemudian.

Matius 3:11

3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 

Lukas 3:16

3:16 Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh kudus dan dengan api..  
Khotbah Yohanes merupakan tahap yang penting, sebab ada dua tahap dalam kehidupan religius. Pertama, tahap dimana kita sadar akan kekurangan kita dan pantas menerima penghukuman Allah. Tahap ini erat menggabungkan satu usaha keras untuk berbuat lebih baik dan tidak dapat dielakkan lagi menemui kegagalan, sebab kita mencoba dengan kekuatan sendiri.

Kedua, tahap ini di mana kita datang untuk melihat, bahwa melalui anugerah Yesus Kristus hukuman kita telah dibuang . Hampir sama dengan tahapa itu, ialah saat ketika kita menemukan bahwa semua usaha untuk berbuat lebih baik dikuatkan oleh pekerjaan Roh Kudus, yang olehnya kita sanggup melakukan yang tidak pernah kita lakukan sendiri.

Baptisan Yohanes hanya memiliki sedikit perbedaan dengan baptisan dalam nama Yesus. Seperti yang telah saya sebutkan, perbedaan ini terdapat dan terlihat dari cara penyampaiannya. Dalam menyampaikan khotbahnya Yohanes sedikit menekan dengan ancaman namun dengan maksud yang baik sedangkan Tuhan Yesus sendiri berkhotbah dengan lembut yang dipenuhi Roh Kudus.

Perbedaan ini juga terlihat dari penyampaian nama, dalam baptisan Yohanes, tidak dilihat bahwa Yohanes menggunakan nama siapapun, namun dalam baptisan Yesus, dipergunakan tiga nama, Bapa, Putera dan Roh Kudus .Ketika baptisan Kristen mempergunakan atas nama Bapa, Putera dan Roh Kudus maka harus dimaknai bahwa seseorang yang dibaptis telah diterima sebagai anggota keluarga kerajaan Allah didalam Yesus Kristus.

Perbedaan juga ditujukan pada tempat pembatisan dan tujuan pembaptisan itu sendiri. Dalam baptisan Yohanes, proses pembaptisan hanya dilakukan di sungai Yordan. Baptisan Yohanes hanya sebagai tanda dari pertobatan. Orang-orang harus dibaptis jika hendak bertobat. Namun dalam Baptisan Yesus tempat diadakannya baptisan dilakukan di berbagai tempat ataupun tidak ditujukan hanya pada satu tempat. Baptisan Yesus bersifat lebih luas, karena bukan hanya sebagai tanda pertobatan, namun juga sebagai tanda bahwa kita milik Kristus.

Perbedaan akan baptisan ini bukan menjadikan baptisan Yohanes ini buruk. Kedatangan Yesus kedunia ini bukan hanya untuk menebus dosa manusia, namun juga memperbaiki ataupun menyempurnakan sistem dan nubuat yang ada. Salah satunya adalah Pembaptisan.

Perbedaan Baptisan Yohanes dengan Baptisan Dalam Nama Yesus 4.5 5 Unknown Saturday, January 30, 2016 Baptisan Yohanes Siapa disini yang belum di baptis? Pasti beberapa ataupun semuanya pasti sudah di baptis. Kata 'Baptisan' mungk...


14 comments:

  1. Apakah tujuan sebenarnya melakukan Baptisan ? Dikatakan pada postingan ini salah satunya untuk penyucian dosa . Minta bantu pencerahannya ; Tetapi mayoritas kita Kristen dibabtis masih usia balita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap pertanyaannya cukup bagus ya sahabat, dalam masa Perjanjian Lama, seperti yang sudah dijelaskan, bahwa didalam Alkitab, Yohanes membaptis dengan tujuan menyucikan manusia dari dosa,dan hanya dilakukan di sungai Yordan. Namun kehadiran Kristus membawa sebuah perubahan dalam hal pembaptisan. Dimana pembaptisan dilakukan dengan melibatkan roh kudus, dengan tujuan mematraikan manusia sebagai milik Allah. Jadi kenapa mayoritas dibaptis saat bayi? Dikarenakan pembaptisan dilakukan bukan hanya sebagai penyucian dosa melainkan sebagai tanda bahwa kita sudah menjadi milik kristus. Begitu pendapat kami. Terima kasih atas pertanyaannya

      Delete
  2. Apakah tujuan sebenarnya melakukan Baptisan ? Dikatakan pada postingan ini salah satunya untuk penyucian dosa . Minta bantu pencerahannya ; Tetapi mayoritas kita Kristen dibabtis masih usia balita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap pertanyaannya cukup bagus ya sahabat, dalam masa Perjanjian Lama, seperti yang sudah dijelaskan, bahwa didalam Alkitab, Yohanes membaptis dengan tujuan menyucikan manusia dari dosa,dan hanya dilakukan di sungai Yordan. Namun kehadiran Kristus membawa sebuah perubahan dalam hal pembaptisan. Dimana pembaptisan dilakukan dengan melibatkan roh kudus, dengan tujuan mematraikan manusia sebagai milik Allah. Jadi kenapa mayoritas dibaptis saat bayi? Dikarenakan pembaptisan dilakukan bukan hanya sebagai penyucian dosa melainkan sebagai tanda bahwa kita sudah menjadi milik kristus. Begitu pendapat kami. Terima kasih atas pertanyaannya

      Delete
  3. Jika kita sdh di babtis saat kita balita apakah kita harus dibabtis lagi saat kita dewasa dan ingin bertobat?? Dan mengapa harus babtis selam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut hasil yang saya dapatkan, kalau waktu bayi itu baptisan melalui keinginan orang tua, kalau baptisan sendiri itukan harus dari hati masing2 orangnya tergantung ia sendiri mau melakukan baptisan lg atau tidak, tetapi kalau kita sudah baptis anak maka kita hanya akan SIDI atau pengakuan percaya kepada Tuhan atas kemauan hati kita sendiri. Karena baptis dilakukan satu kali seumur hidup, baptis termasuk sakramen yg adalah perjanjian kita dengan Tuhan (menyerahkan diri dan telah mati dari hidup yg lama menjadi hidup baru dalam Tuhan Yesus) yang apabila dilakukan berkali2 sama saja mengingkari perjanjian kita dengan Tuhan. Maaf bantu jawab

      Delete
    2. Maksudnya hasil dari katekisasi yang saya dapatkan. Dan maaf itu ada penulisan yang salah , yang benarnya'tergantung ia sendiri mau dibaptis atau tidak'. God bless

      Delete
    3. Apakah keselamatan itu harus diwakili org lain dan bukan keinginan pribadi?
      Apakah Yohanes 3:15 dan Titus 3:5 itu nggak cukup utk meyakinkan Anda?
      Apakah Anda tidak mau hidup anda menggenapi kehendak ALLAH?
      Apakah anda percaya pada Firman Tuhan/Alkitab?

      Delete
  4. saya hanya memberikan pendapat saya sendiri: babtisan adalah kehendak/kemauan diri karena mengerti, kalau bayi, dia tidak tahu apa2, dan babtisan dalam perjanjian baru adalah babtisan selam, kalau bayi, apa bisa di selamkan?

    ReplyDelete
  5. shalom, perintah Yesus jelas jika diringkas kita diperintahkan pergi, beritakan injil, yang percaya dibaptis.. jadi utk dibaptis harus percaya dulu... angelina sondakh dibaptis waktu bayi o/ iman ortynya, skrg dia pake jilbab.. karna baptisan sangat erat dgn kita percaya dulu.. iman & keselamatan adalah urusan msg2x pribadi... God Bless..

    ReplyDelete
  6. Syalom
    Mau koreksi sedikit. Baptisan Yohanes tidak hanya di sungai Yordan tapi juga di Ainon dekat salim. Yohanes 3:23

    Perbedaan baptisan yohanes dan Tuhan Yesus Kristus. Kis 19:4-6
    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Syalom
    Mau koreksi sedikit. Baptisan Yohanes tidak hanya di sungai Yordan tapi juga di Ainon dekat salim. Yohanes 3:23

    Perbedaan baptisan yohanes dan Tuhan Yesus Kristus. Kis 19:4-6
    Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Shalom. Perbedaan baptisan Yohanes Pembaptis dan baptisan Yesus Kristus. Baptisan Yohanes sebagai tanda pertobatan dari kehidupan duniawi (bangsa Israel susah hidup jauh dari Tuhan dan tanpa Tuhan) kepada hidup menurut firman Tuhan (Perjanjian Lama). Pengampunan menjadi doa dan harapan karena Yesus Kristus belum mati di salib untuk menebus dosa manusia.

    Baptisan Yesus Kristus yang diperintahkan Yesus Kristus sebelum Dia naik ke sorga, yang dilakukan oleh murid-murid-Nya dilakukan dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus adalah tanda pertobatan, pengakuan dan penerimaan Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan. Pengampunan dosa dibayar tunai sebab Yesus sudah mati di salib untuk menebus dosa manusia.

    ReplyDelete
  9. Saya rasa TITUS 3:5 sudah cukup bagi kita, sehingga kita mengambil respon Baptis selam karena permandian yaitu Mati bersama Kristus ,masuk kedalam air(menanggalkan hidup yg lama) lalu Bangkit bersama Kristus(menerima hidup baru dan Roh Kudus) yaitu keluar dri air.
    Karena Hidup adalah KRISTUS dan untuk menggenapi kehendak ALLAH (Yohanes 3:15)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.
J-Theme