• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

10 Orang Luar Biasa di Dalam Alkitab

 on Sunday, January 31, 2016  

Add caption

Alkitab banyak menceritakan kisah-kisah yang luar biasa didalam kehidupan pada zaman dahulu. Berbagai kejadian yang mungkin sangat jarang kita jumpai dalam kehidupan zaman sekarang. Kisah-kisah yang luar biasa ini memang sudah direncanakan oleh Allah. Melalui perpanjangan tangannnyalah Allah dapat menciptakan kisah yang luar biasa yang telah tercatat didalam Alkitab. Perpanjangan tangan Allah, awalnya bukanlah orang-orang yang luar biasa. Namun karena kehendak Allah-lah, mereka dipakai untuk menjalankan rencana luar biasaNya. Karena kisah merekalah, orang-orang ini dapat kita kenal akan kisahnya yang patut untuk anda simak.

Bukan karena kemampuan mereka namun karena kekuatan Allah-lah mereka dapat mendapat predikat sebagai orang-orang hebat dalam Alkitab. Orang-orang ini telah kami rangkum sebagai 10 Orang hebat dalam Alkitab.

1. Adam dan Hawa

Adam dan Hawa

Yang pertama adalah Adam dan Hawa, kami menggabungkan kedua tokoh ini dikarenakan peranNya yang cukup berkesan dalam awal mula kehidupan di dalam dunia ini. Mereka dikenal sebagai pemimpin dari manusia. Mereka tidak dilahirkan namun diciptakan secara langsung oleh Allah sendiri. Ini yang membuat kedua tokoh ini patut kita simak sebagai pemimpin dari umat manusia. Walaupun tidak bisa dipungkir, bahwa karena ulah merekalah kita akhirnya jatuh kedalam dosa. Namun tetap saja, predikat mereka sebagai pemimpin umat manusia tidak bisa kita pungkiri.

2. Abraham

Abraham
Kedua kami memasukan Abraham. Siapa yang tidak kenal tokoh satu ini, tokoh yang dikenal dengan julukan 'Bapa Orang Percaya'. Mengapa kami memasukkan Abraham kedalam jajaran 10 orang luar biasa dalam Alkitab ini? Dikarenakan gelarNya sebagai bapa orang percayalah kami memasukkan Abraham kedalam predikat ini. Abraham memiliki keistimewaan dibandingkan umat manusia yang lain. Mengapa? Karen bisa dibilang Abraham merupakan teman terdekat Allah diantara manusia yang lain. Allah sering berkonsultasi dengan Abraham bahkan mengikat
janji dengan Abraham. Untuk itulah kami menancapkan namanya.

3. Nuh

Nuh
Kisah Nuh mungkin sudah banyak yang mendengarNya, salah satu tokoh yang mungkin hampir sama dengan Adam dan Hawa sebagai orang yang mencegah kepunahan bumi. Kisahnya yang sungguh luar biasa ini yang membuatnya sangat kita kenal. Jasanya dan pengorbanannya dalam membentuk Bahtera yang membuat Nuh sangat berjasa bagi dunia. Alkitab menyebutkan bahwa tidak ada penjelasan yang cukup bagi Nuh dalam membentuk Bahtera dan kapan deadline dari proses pembentukannya. Namun karena Nuh percaya kepada Allah, ia akhirnya sangat berjasa bagi dunia. Sama dengan Abraham, Nuh jug dianggap istimewa bagi Allah, karena Allah menganggap Nuh sebagai orang yang istimewa dan Allah mengikat janji dengan Nuh.

4. Musa

Musa
Musa adalah Tokoh selanjutnya, merupakan pemimpin yang sangat hebat dalam membawa bagsa Israel pergi dari Tanah Mesir menuju Tanah Kanaan. Musa banyak melakukan banyak mujizat dalam memimpin bangsa Israel. Membelah Laut Merah, mengeluarkan air dari batu, dan beberapa mujizat lainnya. Namun karena kesalahan dan keangkuhannya, ia tidak dapat memimpin bangsa Israel menuju tanah kanaan. Namun kehebatannay banyak tercatat dalam Alkitab. Musa juga orang yang dipercaya Allah dalam memberikan batu berisi hukum taurat. Bukan hanya itu, keistimewaannya Musa juga mendapat kesempatan melihat punggung Allah yang pada akhirnya membuat dia buta.

5. Daud

Daud
Seorang daud, dikenal sebagai orang kerdil yang mengalahkan raksasa. Yap, kisah Daud yang mengalahkan Goliat cukup populer kita dengar, bahkan kita semua hampir mengetahuiNya. Kisah hebatNya bukan hanya karena itu saja, Daud juga dipilih sebagai Raja menggantikan Raja Saul. Seorang yang biasa-biasa saja dipilih Allah sebagai seorang raja ditengah bangsa yang besar. Daud hampir sama dengan Abraham, ia merupakan seseorang yang sangat berkenan dihadapan Allah. Bukan hanya itu saja,ia juga digambarkan hampir serupa dengan Tuhan Yesus. Mengapa demikian ? Di dalam Kisah Para Rasul 13:22, disebutkan bahwa Tuhan mengangkat Daud sebagai orang yang berkenan di hatinya, "...Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan dihati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku." Kalimat ini juga diucapkan saat kelahiran Kristus. Bisa dibilang Daud hampir setara dengan Kristus karena hanya mereka berdua tokoh alkitab yang bereknan di hati Allah.

6. Salomo

Salomo
Tokoh yang cukup terkenal dan hampir dikenal oleh seluruh orang percaya. Salomo anak dari Daud yang mendapat predikat sebagai orang yang sangat pintar dan bijaksana pada zamannya. Menurut saya Salomo layak mendapat predikat sebagai tokoh yang hebat dikarenakan kepintaran dan kebijaksanaannya. Diceritakan dalam Alkitab bahwa Salomo merupakan raja yang sangat berhasil. Diceritakan didalam Alkitab bahwa Salomo diklaim sebagai Raja paling kaya diantara semua raja yang ada. Karena kekayaannya, diceritakan bahwa seluruh perabotan rumah tangganya terbuat dari emas murni. Bukan hanya itu, karena kekayaannya, Bait Allah yang salomo dirikan juga terbuat dari emas.

7. Yusuf Anak Yakub dan Daniel

Daniel
Saya tidak akan menceritakan mengenai kisah mereka berdua, namun saya akan menceritakan alasan mengapa merek mendapat predikat ini. Yusuf dan Daniel merupakan orang biasa yang takut akan Tuhan. Mereka memiliki kemampuan yang cukup hebat. Yusuf dan Daniel dapat mengartikan mimpi seseorang. Karena kemampuan merekalah, mereka akhirnya menjadi orang yang hebat. Yusuf diangkat sebagai Perdana Menteri dan menjadi tangan kanan raja, Dinegeri orang lain. Daniel juga diangkat sebagai orang yang dipercaya raja dan menjadi tangan kanan raja. Mereka berdua merupakan orang-orang yang hebat pada masanya.

8. Elia dan Henokh

Elia
Kedua orang ini merupakan orang-orang benar yang tercata didalam Alkitab. Keunggulan mereka bukan karena bakat ataupun jabatan mereka. Mereka terkenal karena kisahNya yang sangat luar biasa. Mereka adalah manusia hidup yang dipercaya dan diangkat Allah langsung untuk naik kesurga. Namun menurut pengertian-pengertian yang saya baca, Henokh dan Elia tidak diangkat kesurga. Mengapa ? Injil Yohanes mengatakan bahwa "Tidak ada seorangpun yang talah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia." - Yoh 3:13. Ini menyebutkan bahwa mereka tidak diangkat kesurga, melainkan ketempat penantian. Mereka menanti saat dimana Yesus yang telah mati, besama-sama dengan orang-orang yang berada ditempat penantian, untuk bangkit dan bersama-sama dengan Kristus naik kesurga.

9. Maria dan Yusuf

Maria dan Yusuf
Keistimewaan mereka memang tidak terlalu mencolok, namun mereka layak mendapat gelar ini dikarenakan mereka adalah orang tua Yesus Kristus. Mereka dipercaya sebagai wadah dalam kelahiran Yesus Kristus. Rencana akan kelahiran Mesias tidak mungkin direncanakan secara sembarangan. Maria dan Yusuf mungkin dianggap berbeda dari umat yang lain, ini yang membuat mereka berdua sepesial. Bukan hanya itu, anda dapat membayangkan hidup bersama-sama dengan Mesias, dan memiliki anak seorang Mesias mungkin itu diluar dugaan kita umatnya.

10. Yesus Kristus

Yesus Kristus
Yap,yang terakhir adalah Yesus Kristus. 'raja dari segala raja'; 'Mesias'; ' Sang Juruselamat'; 'Anak Domba'; dan banyak julukan yang dapat kita lihat dari Alkitab. Keistimewaannya, ya mungkin kita sudah mengetahuinya. Tuhan yang menjelma sebagai manusia, itulah tuhan kita Yesus Kristus. Kehebatannya sudah sangat banyak kita jumpai, melakukan berbagai mujizat, banyak melayani dan berkhotbah. Dan kasih paling luar biasa adalah kemurahan hatinya yang mati demi menebus dosa umat Manusia.

Ya sahabat semua, itulah tadi orang-orang hebat yang kisah dan kehebatannya tercatat didalam Alkitab. Orang-orang tersebut bukan mendapat kehebatan mereka sejak dari lahir. Berkat iman dan kepercayaan mereka kepada Allah, (kecuali Yesus Kristus) mereka mendapat kekuatan yang membuat mereka dapat melakukan hal yang luar biasa.

Hebat bukan ? Itulah kuasa Tuhan kita, membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, membuat yang tidak ada menjadi ada. Itulah Allah kita.

10 Orang Luar Biasa di Dalam Alkitab 4.5 5 Unknown Sunday, January 31, 2016 Add caption Alkitab banyak menceritakan kisah-kisah yang luar biasa didalam kehidupan pada zaman dahulu. Berbagai kejadian yang mungkin...


2 comments:

Powered by Blogger.
J-Theme